FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN EKONOMI BERSINAR DENGAN METODE EKOTIK PRASINAR (3)

PEMBELAJARAN EKONOMI BERSINAR DENGAN METODE EKOTIK PRASINAR (3)

PEMBELAJARAN EKONOMI BERSINAR DENGAN METODE EKOTIK PRASINAR (3)

Tantangan Hari ke-171

#TantanganGurusiana

BAB II

KAJIAN TEORI

A. Variabel

Variabel bebas : Metode Ekotik Prasinar

Variabel Terikat: Pembelajaran Ekonomi Bersinar

B. Definisi

1. Pembelajaran Ekonomi Bersinar

a. Pengertian Pembelajaran

Istilah pembelajaran merupakan terjemahan dari kata “instruction”. Menurut Gagne, Briggs, dan Wagner (1992) pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa (dalam Pannen dkk, 2003: 1.5). Menurut Degeng dalam Uno (2006) bahwa pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Dalam pengertian ini secara implisit terdapat kegiatan memilih, menetapkan, dan mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang dinginkan. Sedangkan menurut Sanjaya (2010: 26) bahwa pembelajaran dapat diartikan sebagai proses kerja sama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada baik potensi yang bersumber dari dalam siswa itu sendiri seperti minat, bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada di luar diri siswa seperti lingkungan , sarana dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar tertentu.

Berdasarkan pendapat para ahli tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang agar terjadinya proses kerjasama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan potensi dan sumber daya baik yang bersumber dari dalam atau luar siswa, sehingga proses belajar berjalan sesuai minat, bakat, gaya belajar, situasi dan kondisi lingkungan sekitar siswa, dengan harapan proses dan hasil belajar tercapai sesuai yang direncanakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap best practisenya. Bu Fit. Sudah kajian teori, ya? Saya mau cari link latar belakangnya.

03 Jul
Balas

Terima kasih atas ilmunya membuat best practice, Bu.. Keren.. tabarakallah..

03 Jul
Balas

Luar biasa bunn...

03 Jul
Balas

Keren Bunda. Semangat berinovasi tanpa henti. Salam literasi.

03 Jul
Balas

Kereeen buk Fit. Sepertinya ini bakal jd buku lagi. Sukses selalu, bu

03 Jul
Balas

Keren, bunda...

03 Jul
Balas

Mantul bunda!

03 Jul
Balas

Mantaap Bunda...sukses sllu

03 Jul
Balas



search

New Post